Memilih Akomodasi

19_hotelinformation  Akomodasi adalah satu hal utama yang perlu dipersiapkan selain hal-hal yang menyangkut  administrasi dalam pelaksanaan studi. Dalam memilih lokasi, pertimbangan terbesar kita biasanya adalah harga sewa, tetapi harga sewa sebenarnya ditentukan oleh banyak hal. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menentukan akomodasi ini, antara lain: lokasi, jenis akomodasi, jenis properti, sistem sewa, harga sewa.

A. LOKASI

  Hal pertama yang perlu dicermati adalah lokasi, karena lokasi yang strategis terhadap tempat kita belajar menentukan efisiensi belajar siswa. Sebaiknya kita tinggal tidak lebih dari 10 – 15 menit perjalanan jauhnya dari kampus tempat kita belajar, artinya, jika kita akan lebih banyak berjalan kaki, sebaiknya lokasi yang dipilih tidak lebih jauh dari 1.5 km, dan pilih lokasi yang berada dalam radius 3 km dari kampus. Atau kita bisa memilih akomodasi yang berada di jalur kendaraan umum (bus atau kereta), untuk jalur ini bisa dicek dari laman Translink berikut http://www.translink.co.uk/Services/Metro-Service-Page/

Biasanya, semakin jauh dari kampus dan kota, harga sewa akomodasi akan lebih murah. Sebagai contoh, jika kita menyewa satu flat (satu lantai dalam 1 unit townhouse yang biasanya dibagi menjadi 3 flat) dengan 2 kamar dan 1 toilet di radius 0.5 km dari kampus, harga sewa paling murah sekitar £420, pada radius di 2 km dari kampus kita bisa mendapatkan rumah 2-3 kamar dengan sedikit halaman dengan harga yang sama. Khusus di Belfast, wilayah di South Belfast terbilang kawasan elit, sehingga akomodasi yang terletak di kisaran Stranmillis Road dan Malone Road, biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dari area lain di Belfast.

Point penting  dalam memilih lokasi akomodasi di Belfast:

  • Cek alamat gedung tempat kuliah reguler kita

Baik Queen’s University maupun Ulster University memiliki kampus di berbagai daerah di Belfast. Meskipun gedung utama QUB terletak di University Road dan gedung utama UU terletak di Jordanstown, beberapa jurusan atau fakultas bisa berada di sisi lain kota. Cek alamat tersebut di online map. Lokasi semua gedung di UK terdaftar online dan bisa dicari memakai aplikasi aplikasi peta online dengan memasukkan alamat pos dan/atau kode pos.

  • Struktur area kota Belfast

Belfast bukan kota yang besar, tetapi ada beberapa struktur kota yang perlu diperhatikan ketika kita memilih lokasi, yang terpenting adalah motorway (jalan bebas hambatan), railway dan Lagan River. Tiga struktur ini sangat berpengaruh pada pencapaian lokasi. Jika tempat tinggal kita terhadap kampus terpisah oleh salah satu dari struktur ini, kemungkinan besar jarak tempuh yang harus kita jalani sehari hari bisa lebih panjang.

  • Jalur kendaraan umum di Belfast

Jalur bus di Belfast masih berpola asterisk, dimana jalur tersebut berawal dari tengah kota dan menyebar ke 9 arah yang berbeda di Belfast. Tidak ada bus atau kendaraan umum yang menghubungkan antar jalur. Jadi, jika lokasi akomodasi kita berada pada jalur bus 8, sementara lokasi kampus kita berada pada jalur bus 6, meski dalam peta lokasi tersebut jauhnya hanya 1km, jika kita memilih untuk memakai bus, maka kita harus naik bus ke pusat kota dahulu untuk selanjutnya mengambil bus dengan jalur yang kita tuju.

B. JENIS AKOMODASI

  • Akomodasi dalam kampus (On Campuss)

Biasanya sebelum keberangkatan, pihak kampus menawarkan akomodasi kampus yang bisa dilihat rinciannya di website kampus. Biaya sewa beberapa akomodasi dalam kampus biasanya sudah termasuk listrik, gas, wifi, dan lain-lain. Baca baik baik fasilitas apa saja yang termasuk di dalam biaya sewa.

Untuk ini biasanya dari awal sudah harus memilih jenis kontrak sewa tertentu yang biasanya harus dengan deposit atau pembayaran dimuka untuk sekian bulan ke depan. Beberapa laman untuk akomodasi kampus diantaranya:

 elms_village_malone_road_belfast_-_geograph-org_-uk_-_713461

  • Akomodasi di luar kampus (Off Campuss)

Banyak pilihan untuk akomodasi di luar kampus. Selain masalah harga yang lebih beragam, pilihan lokasi yang bisa disesuaikan dengan letak kampus juga bisa menjadi pertimbangan. Namun pada umumnya, selain biaya bulanan untuk tempat tinggal juga harus ada dana khusus untuk biaya listrik, wifi dan gas setiap bulannya yang belum termasuk dalam biaya tempat tinggal. Ketentuan untuk menentukan tempat tinggal yang tepat juga harus diperhatikan, apakah sharing houses for single or couples, flats atau family house. Beberapa laman dari agen yang bisa membantu mencari akomodasi di luar kampus ini diantaranya:

  • Point penting dalam sewa menyewa akomodasi
    • Fasilitas yang termasuk dalam biaya sewa

Komponen biaya sewa masing masing property berbeda beda, ada yang hanya menawarkan kamar saja, ada yang sudah termasuk wifi, TV, listrik dan pemanas. Jika yang ditawarkan hanya kamar saja, maka perlu ditanyakan kepada pemasang iklan akomodasi berapa biaya rata rata per bulan untuk fasilitas fasilitas tersebut. Pengeluaran per bulan untuk hal hal tersebut sangat beragam tergantung jenis masing masing fasilitas.

Untuk Wifi, pengeluaran per bulan tergantung pada provider internet yang ada di property tersebut. Selain itu perlu dicermati, apakah internet yang ada pada property tersebut termasuk TV cable atau tidak, karena ini juga menentukan komponen biaya mengingat adanya peraturan TV Licensing di UK dimana kita diharuskan  membayar pajak £10 per bulan per 1 unit televisi atau per gadget yang kita pakai untuk menonton siaran streaming jika kita berlangganan TV cable.

Biaya pemanas ruangan tergantung pada bahan bakar dari pemanasnya, apakah Oil, Gas, atau Electric. Biaya paling tinggi untuk pemanas biasanya jika property tersebut menggunakan pemanas electric.

  • Deposit

Dalam sewa menyewa property di UK, baik rumah, flat maupun kamar, penyewa harus membayar deposit sebesar satu bulan biaya sewa. Ini adalah jaminan yang akan dikembalikan pada penyewa di akhir masa sewa. Jika kondisi property yang kita sewa kembali dalam keadaan sama persis dengan kondisi ketika kita masuk, maka deposit tersebut akan dikembalikan penuh, tetapi jika kondisi property yang kita sewa butuh perbaikan pada akhir masa sewa, maka biaya perbaikan tersebut akan dipotongkan dari deposit yang telah kita bayarkan. Mengingat hal ini, maka ada baiknya ketika kita menyewa sebuah property, kita dokumentasikan semua kondisi fisik property tersebut sebagai lampiran kontrak property kita. Selain itu, sangat disarankan untuk memberitahu landlord (meminta ijin) sebelum kita melakukan perubahan fisik pada property yang kita sewa, meski itu hanya sekedar memasang rak dinding, atau mengecat satu pojok ruang.

  • Landlord

Selain menerima uang sewa, landlord berhak datang secara berkala untuk memantau kondisi property nya, untuk ini mereka wajib memberi tahu penyewa paling tidak 1 minggu sebelum mereka datang. Landlord untuk student accommodation biasanya lebih ketat memantau propertinya, mereka bisa memperingatkan penyewa jika ada tanda tanda kecerobohan dari penyewa. Di sisi lain, penyewa berhak menuntut landlord untuk memenuhi fasilitas yang tertera dalam lembar kontrak yang telah ditandatangani bersama. (Rully R)

 


 

One Comment Add yours

  1. Setiawan says:

    informasi dan gambaran yang sangat membatu.
    saat ini sudah ada forum untuk masyarakat Indonesia di UK untuk saling tukar informasi mengenai akomodasi & hal2 lain namanya indukforum.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s