Akomodasi dalam kampus (Elms Village)

Ulasan Akomodasi di dalam kampus:

Oleh : Altrerosje Asri (PhD in Architecture Student, Queen’s University Belfast)

 elms

Tahun pertama tinggal di Belfast, saya memilih tinggal di akomodasi kampus karena waktu itu saya belum mengenal siapapun orang Indonesia yang tinggal di Belfast, baik mahasiswa maupun warga. Selain itu karena tidak terlalu yakin dengan seluk beluk kota Belfast dan peraturan sewa menyewa dengan private landlord, saya memilih untuk tinggal di salah satu jenis akomodasi yang mereka tawarkan yaitu Willow Walk, salah satu apartment mahasiswa di Elms Village. Properti yang saya tempati waktu itu adalah apartment 2 kamar dengan biaya sewa per kamar £400 per bulan termasuk internet dan tv cable (£800 untuk keseluruhan apartment). Listrik dan gas dibayar dengan system top up, dan per bulan kami menghabiskan antara £80-£100 untuk satu apartment.

               Keuntungan tinggal dalam lingkungan akomodasi kampus selain lebih aman karena berada dalam lingkungan ber-gerbang dan memiliki security sendiri adalah adanya resepsionis yang siap menerima keluhan jika ada permasalahan pada property kita. Standard pelayanan terhadap keluhan yang kita sampaikan biasanya tidak lebih dari 2 x 24 jam, tergantung urgent atau tidaknya permasalahan tersebut. Selain itu, kita tidak perlu khawatir ada pos atau paket yang datang di saat kita tidak di tempat, karena semua pos disimpan di kantor resepsionis. Selain itu, pihak manajemen sering mengkoordinasi berbagai acara baik itu hanya sekedar acara social gathering di lingkungan Elms Village, ataupun jalan jalan ke berbagai tempat menarik di Northern Ireland dan Republic of Ireland (untuk ini kita memerlukan visa). Selain resepsionis, fasilitas lain yang disediakan oleh Elms Village adalah sentra laundry (berbayar & self service), mengingat semua apartment dan asrama di kompleks ini tidak dilengkapi dengan mesin cuci.

               Dari sisi lokasi, Elms Village terletak di ruas jalan Malone road yang tidak terlalu jauh dari gedung tempat saya bersarang, hanya 10 menit jalan kaki jauhnya. Dan untuk berbelanja keperluan sehari hari, ada satu mini market di dalam kompleks Elms, dan satu mini market lain di sebelah kompleks, sedangkan jika kita butuh ke tempat belanja groceries yang lebih lengkap, Elms hanya 1 blok jauhnya (10 menit jalan kaki) dari Tesco Superstore yg terletak di Lisburn road.

                 Bagi saya, keuntungan terbesar yang saya rasakan dengan tinggal di Willow Walk adalah kenyamanan, dan ketentraman sebagai mahasiswa yang tidak tahu sama sekali seluk beluk kota Belfast dan kala itu belum mengenal siapapun di kota ini, meski sejujurnya dengan biaya yang sama £800 per apartment, kita bisa menyewa 1 rumah dengan 3-4 kamar atau apartment 2 kamar yang lebih mewah di luar kampus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s